Minggu, 29 November 2009

Apa itu Grounding ?

Grounding adalah salah satu tegnologi pelistrikan pada sistem pelistrikan rumah yang memiliki tiga bagian. 1. Positif 2. Negatif 3. Grounding (tanah). Fungsi dari tegnologi grounding adalah untuk mengontrol arus liar yang mengalir pada listrik rumahan sehingga membuat pengguna/user listrik menjadi kesentrum. Apabila kita memansangantegnologi Grounding ini didalam rumah kita, maka hal ini dapat meminimalisir efek sentrum yang terjadi pada kita, karena tegnologi grounding mengalirkan arus lisrik lair ke dalam tanah yang tak bersifat konduktor.
Logikanya arus listrik yang mengalir didalam rumah kita memiliki semacam security yang dapat mengontrol arus yang mengalir setiap detiknya didalam rumah. Tegnologi ini juga dapat mencegah hubungan arus pendek yang biasa menyebabkan rumah kebakaran. Sebenarnya arus yang mengalir pada listrik rumahan menrupakan arus listr5ik DC yang tidak memiliki bahaya yangcukup signifikan, tetapi adanya arus liar yang juga ikut mengalir menyebakan hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi, maka dari itu perlu adanya antisipasi yang cukup untuk melindungi sistim pelistrikan di rumah kita. Sebenarnya tegnologi grounding memilki 3 buah besi tancapat pada chock, 1. Positif 2. Negatif 3. Grounding, tetapi kebanyakan sistem di Indonesia tak memiliki Grounding menyebabkan pada produsen luar yang menyesuaikan produksinya dengan 2 besi.
Kemudian tegnologi ini juga sering digunakan orang untuk meredam aliran petir dan dialirkan ketanah, hal ini dapat kita lihat dibeberapa rumah bahkan

2 komentar:

  1. Itu benar sekali... Seharusnya masyarakat luas mengerti dengan tegnologi grounding ini. Tapi memang sayangnya, banyak orang yang menyepelekan masalah yang satu ini. Ada yang bilang telalu bertele-tele lah, ribet lah, ini-itu lah... Banyak beragam alasan. Tapi khususnya bagi orang yang bekerja di dunia Electrical, mereka mengerti betul pentingnya grounding dalam instalasi rumah mereka. Dan mereka menganggapnya sebagai sesuatu yang serius yang harus diaadakan.
    Sedang saya sendiri adalah seorang teknisi grounding. Saya bekerja dengan CV yang kebetulan milik Ayah saya sendiri, yang bergerak di electrical dan grounding system. Dan kebetulan memang ayah saya memegang kontrak kerja untuk pemasangan grounding ATM BCA seJABOTABEK. Banyak sekali saya temukan masalah yang timbul akibat grounding yang kurang memadai, yang akibatnya dapat membuat mesin ATM menjadi error. Kadang kartu suka tertelan atau body mesin yang nyetrum. Sudah lebih dari 300 lokasi ATM BCA yang kami pasangi grounding... dan Alhamdulillah semuanya berjalan lancar tanpa masalah.
    " APABILA ANDA BERMINAT UNTUK MENGADAKAN PEMASANGN GROUNDING UNTUK INSTALASI RUMAH ATAU KANTOR ANDA, SILAKAN HUBUNGI KAMI DI NO TLP. 021-99635335 Atau 021-71564437. HARGA BISA NEGO KOK... DAN KAMI MEMBERIKAN GARANSI HINGGA 1 TAHUN. APABILA BELUM 1 TAHUN TERNYATA NILAI GROUNDING MENCAPAI 3,0 Volt, KAMI AKAN PERBAIKI TANPA CHARGE..."
    Terima kasih atas atensinya...

    BalasHapus
  2. apa sie hubungannya grounding sama netral????karena saya sering melihat keduanya di gabungkan begitu saja. maakasih.....

    BalasHapus

Detik News